Sekadar Menilik Online Presence Makhluk Unik Bernama BTS

www.mooseboo.wordpress.com

credit image by : soompi.com

Hai dear!

Artikel kali ini bisa dibilang hanya sebuah share opini mengenai acara Billboard Music Awards yang digelar di Las Vegas hari ini. Apalagi kalau bukan kemenangan BTS dalam kategori Top Social Artist.

Yeay, selamat BTS!

Sebenarnya artikel ini udah gatel ingin gua share sejak BTS menjadi salah satu nominasi di Shorty Awards (udah jadi pemenang deng! Hehehe). Dimana kita tahu jika Shorty Awards adalah sebuah ajang penghargaan bagi para pengguna terbaik media sosial atau yang dapat menciptakan viral di media sosial (dalam hal yang positif).

Yah, ini juga alasan yang buat gua masukin nama BTS ke Novel seru gua, Cinta Salah Kirim, yaitu Novel romantis komedi yang nunjukin gimana asyiknya sebuah dunia Digital Agency itu. Biar semua orang tahu kalau dunia digital tidak hanya sebatas post, share and comment. Tetapi juga memiliki seni dan analisis yang seru jika kalian tekuni. So, istilahnya mah masukin BTS biar bau-bau digitalnya semakin berasa kental gitu, loh.

Maaf jadi sedikit OOT.

Anyway, sebelum masuk ke ulasan inti, sebelumnya gua mau peringatkan kalau kalian boleh setuju dengan pendapat ini ataupun enggak. Karena ini hanya sebuah opini dari seorang Digital Enthusiast yang maybe bagi beberapa di antara kalian terkesan sok tahu. So, that’s your choice to agree or not.

Oke, langsung aja kenapa BTS menurut gua pantas dapat Social Artist dari Billboard Music Awards semalem. Check dis’ out :

They Know How to Use Social Media

Yah. Sebagai orang yang tahu secara langsung bagaimana sebuah opini publik dibuat dalam dunia Digital, gua acungi dua jempol buat Team Digital Marketing BTS (kalau memang ada. Karena melihat kegiatan online mereka, bukan enggak mungkin mereka enggak memiliki sebuah tim khusus untuk Digital).

Why?

Karena mereka tahu bagaimana cara mengelola sebuah akun media sosial di dunia Digital sekarang ini.

Contohnya : dibanding masing-masing member membuat akun media sosial, menejemen bagusnya memberikan satu akun yang dapat digunakan oleh semua member.

Kenapa ini dibilang bagus?

Pertama, branding mereka (dalam hal ini BTS) jadi lebih kuat. Sebab followers dan fans akan lebih terfokus pada satu akun. Jadi, tidak ada fans Jungkook misalkan, yang hanya mem-follow Jungkook saja tanpa mem-follow member yang lain. Sehingga nama BTS menjadi besar dan follower mereka menjadi cepat beranak-pinak.

Kedua, Perusahaan dalam hal ini Big Hit, menjadi lebih mudah mengontrol apa saja yang di-posting oleh anak-anak Bangtan. Sehingga kejadian salah posting atau post yang menyulut kontroversi seperti yang pernah terjadi kepada beberapa Idol pendahulu, dapat diminimalisir (meskipun BTS juga pernah mengalami hal ini, masih ingat kontroversi kondom? Hehehe).

They Know How Powerful is a Vlog

Beberapa tahun belakangan, Vlog menjadi salah satu konten yang paling banyak diminati dan dibuat oleh kebanyakan orang di dunia. Entah itu sebagai branding diri, promosi ataupun sekedar iseng. Nah, BTS know how to utilize this item. Mereka dengan tingkah konyolnya membagikan kegiatan sehari-hari mereka, ataupun behind the scene setiap aktifitas mereka dalam sebuah video maupun Vlog. Sehingga fans dapat merasa dekat dengan mereka. Yah, even sebenarnya konten ini bukan hal baru di dunia Kpop.

They always Create a Unique Song and Know The Latest Music Trend.

Pernahkah kalian berfikir kenapa genre musik BTS selalu terlihat fresh setiap kali comeback?  Tak lain karena manajemen tahu tren musik apa yang sedang digandrungi di dunia. Contohnya, saat music hip hop booming di tahun 2013 mereka keluar dengan No More Dream yang penuh dengan rap part. Lalu, ketika musik dunia sedang booming dengan EDM, BTS langsung comeback dengan Blood, Sweat & Tears dengan nuansa tropical-nya, membuat tubuh seolah dibawa untuk selalu bergerak.

The Power of Story Telling

Musik yang ear catching, tingkah member yang konyol, serta online presence yang mumpuni tidak lantas membuat nama brand (dalam hal ini BTS) besar. Dibutuhkan sebuah konten yang dapat menjahit semua media ini menjadi satu kemasan menarik dan berbeda. Apa itu?

Story telling. Ini lah yang terpenting dan yang paling mempengaruhi. Kenapa? Karena baru BTS yang berhasil dan konsisten menyisipkan story telling dalam setiap lagu serta Music Video mereka, walau sebenarnya ada juga Idol yang menggunakan cara ini terlebih dahulu. Seperti salah satu contohnya, T-ara. (Let me know if you have other idol which is use this methode).

Namun, BTS mengemasnya dengan cara yang berbeda dan ditambah tampilan sinematografi yang menarik, memberikan rasa penasaran akut nan adiktif bagi setiap orang yang melihat. Seperti dalam album Wings. Bagaimana mereka mengangkat cerita Demian ke dalam beberapa Music Video yang uniknya memberikan tanda tanya hingga memunculkan banyak reaksi video di Youtube. Dari yang mengulas teori-teori tersembunyi, lagu-lagunya hingga keterkaitan antara satu Music Video dengan Music Video BTS yang lain.

Maka tak aneh jika banyak orang yang akhirnya penasaran apa itu BTS? Behind The Scene kah? Atau sejenis cemilan? (peace bro! :D)

Jadi, seperti yang pernah gua ulas mengenai pentingnya sebuah story telling. Inilah kasus nyata bagaimana story telling ditambah dunia digital dapat membuat sebuah brand yang memang bagus sedari awal (dalam hal ini BTS) dari segi talenta dan musik menjadi sebuah hasil yang extra ordinary bahkan beyond expectation.

Maka, jika ditanya apakah BTS pantas mendapatkan Social Artist di Billboard Music Awads? Jawabannya adalah Ya.

 

– F. Moose

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s