0

Penulis Novel Harus Introvert? Yakin?

Hai dear,

Kali ini gue mau bahas sekaligus tanya juga sih sebenernya. Menurut kamu apa benar penulis itu harus introvert dan gampang galau?

Kenapa gue kepikiran hal ini? Jadi, beberapa hari yang lalu gue ngobrol bareng mantan temen kerja yang udah lama enggak ketemu. Walhasil dia kaget waktu tahu gue jadi tukang nulis (merasa masih belum pantes disebut penulis euy). Buat lebih jelasnya, ini chat kita berdua.

Lucu sih. Gue aja sampai ngakak. Otak gue langsung mikir, ada apa dengan introvert dan menulis novel?

Padahal berdasarkan tipe kepribadian MBTI ada juga kok author atau penulis novel dan dongen terkenal yang berasal dari kepribadian ENFP. Yang notabene ekstrovert, seperti Dr. Seuss, Charlotte Bronte dan Charles Dickins.

Jadi, kesimpulannya menurut gue menulis dan menjadi penulis itu enggak harus menjadi A atau menjadi B. Yang terpenting bagaimana dia bisa mentransformasikan semua rasa, baik itu gelisah, sedih serta pemikiran ke dalam sebuah kata. Sepakat?

– F

Advertisements
0

Cari Waktu. Yakin Bisa?


​Butuh duit? Buang gengsi dan kerja keras.

Ingin bahagia? Terus bersyukur, berdoa, dan jangan kebanyakan mendongak (salah urat entar 😅).

Apalagi jodoh, bukannya itu salah satu hal pasti yang bakal Tuhan beri?

Kadang kita lupa jika cuma ada satu yang enggak bisa kita cari di dunia. 

WAKTU.

Karena waktu hanya dapat dinikmati dan dimanfaatkan detik ini juga. Sekarang juga.

Yuk, manfaatkan waktu sebaik-baiknya!

Bukankah kita termasuk ke dalam orang yang rugi bila gagal bersahabat dengan waktu?

(Psstt… tumben amat gue post kayak begini ya hehehe 😅😅😅)

– M

0

Thank You, Wattpad!

Mungkin ini blog post yang bener-bener telat. Tapi berhubung masih di awal tahun, aku mau ucapin terima kasih buat yang udah baca cerita aku “Madam Sri” di Wattpad, juga buat penyelenggara Wattys 2017 di Indonesia yang udah suka sampai akhirnya cerita ini menang di kategori Riveting Reads. Yang kalau diketik via ponsel selalu salah ketik jadi Ribeting Reads … hahaha

Semoga di tahun 2018, cerita ini bisa berubah bentuk, dan semoga aku bisa lebih baik lagi dalam hal tulis-menulis serta mencurahkan segepok ide ke dalam susuna kalimat yang hanya terdiri dari 26 huruf. Aamiin … sekali lagi thanks guys! Dan happy new year! 😁

Untuk lihat semua daftar pemenangnya, silahkan kunjungi link di bawah ya.

The Wattys 2017

(Jangan lupa pilih yang bahasa Indonesia 😊)
– M

0

Mencoba Peruntungan di #Wattys2017

og_1

Hai, Dear!

Lama tak bersua. Kali ini gua mau share mengenai penghargaan terbesar dari Wattpad yang bernama #Wattys2017. Apa itu #Wattys2017?

Ini merupakan sebuah kompetisi kepenulisan yang diadakan oleh Wattpad setiap tahunnya untuk seluruh pengguna platform ini di seluruh dunia. Biasanya masing-masing cerita akan digolongkan, dikompetisikan dan dinilai berdasarkan bahasa yang digunakan.

Lantas karena gue menggunakan bahasa indonesia, maka #wattys2017 masuk ke dalam akun Wattysid. Sebab masing-masing negara memiliki base sendiri.

Untuk persyaratan, umumnya akan sama setiap tahun yang dapat dilihat di peraturan & regulasi. Perbedaannya hanya pada jumlah dan kategori penghargaan yang akan diberikan kepada pemenang.

Bila tahun 2016, terdapat 10 kategori dengan masing-masing 7 – 8 pemenang maka tahun ini hanya 5 dengan total pemenang per kategori belum ditentukan. Berikut 5 kategori penghargaan #Wattys2017

Continue reading